Rabu, 29 Maret 2017

world-economy  World Economy

China Peringatkan Melambatnya Tingkat Permintaan Negara Berkembang

Kamis, 17 Oktober 2013 16:28 WIB
Dibaca 558

Monexnews - Eksportir China akan menghadapi masa-masa sulit dalam beberapa bulan kedepan seiring tingkat permintaan dari pasar negara berkembang melambat, menurut peringatan dari menteri perdagangan China pada hari Kamis setelah data perdagangan terakhir menunjukkan tingkat penjualan menuju Asia Tenggara melambat tajam di bulan September.

Namun China siap untuk mengambil kebijakan untuk mendukung eksportirnya guna memastikan sektor perdagangan betumbuh sebesar 8% tahun ini sesuai target, ucap juru bucara menteri perdagangan Shen Danyang, memperbolehkan eksportir untuk menikmati “pertumbuhan yang lambat” dalam beberapa bulan kedepan. "Meski negara-negara maju menunjukkan sinyal pemulihan dalam beberapa bulan belakangan ini, sejumlah negara berkembang mulai kehilangan momentum pertumbuhan," ucap Shen. "Banyak resiko seperti aliran modal keluar, depresiasi mata uang dan meningkatnya tekanan inflasi yang juga mengakibatkan perlambatan ekonomi pada negara-negara bekembang," ucapnya.

Komentar ini menyusul data perdagangan bulan September yang dirilis akhir pekan lalu, yang menunjukkan tingkat ekspor China turun sebanyak 0.3%, kontrak degnan ekspektasi pasar untuk kenaikan sebesar 6%. Penjualan menuju Asia Tenggara merupakan sektor yang terlemah, dengan tingkat pertumbuhan di bulan Septmber turun ke level rendah 17 bulan pada 10% dari 31% bulan sebelumnya. Analis mengatakan kecemasan pengetatan kebijakan moneter di AS telah melukai tingkat permintaan barang-barang China seiring investor menarik dana mereka dan negara berkembang di Asia yang merupakan pasar ekspor China yang paling cepat bertumbuh tahun lalu.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar