Jumat, 21 Juli 2017

world-economy  World Economy

Cina Tidak Ingin Konfrontasi Dengan AS

Rabu, 9 Juli 2014 12:01 WIB
Dibaca 481

Monexnews - Presiden Cina Xi Jinping mengatakan konfrontasi antara Cina dan AS akan menjadi bencana dan kedua belah pihak harus menghormati kedaulatan masing-masing negara. Cina telah memulai pertemuan tahunan dengan AS yang akan juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry dan Menteri Keuangan AS Jack Lew. Pertemuan diharapkan dapat meredakan gejolak di antara kedua negara pasca gejolak di Laut Cina Selatan. Masalah penyadapan internet dan nilai tukar juga akan menjadi topik pembicaraan.

AS cukup khawatir dengan prilaku Cina di Laut Cina Selatan atas wilayah yang masih menjadi perdebatan antara Cina, Filiphina, Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Taiwan. AS tidak mendukung pihak apapun atas sengketa wilayah tersebut. Namun, Beijing melihat tindakan AS yang mendorong Vietnam dan Filiphina lebih agresif atas wilayah bersangkutan.

Pertemuan tahunan antara AS dan Cina diprediksi tidak akan menghasilkan kesepakatan yang signifikan seiring semakin kompleksnya kekuatan Cina. Namun, petinggi AS telah menegaskan pentingnya pertemuan tersebut demi mencegah terjadinya konfrontasi di antara kedua negara adigdaya tersebut. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar