Selasa, 24 Januari 2017

world-economy  World Economy

Coeure: ECB Mungkin Akan Menjalankan Pembelian Aset

Senin, 14 April 2014 16:56 WIB
Dibaca 426

Monexnews -  Bank sentral dapat mempertimbangkan pembelian aset untuk menekan suku bunga jangka panjang, menurut anggota dewan eksekutif European Central Bank, Benoit Coeure, hari Minggu lalu. Komentar tersebut menandakan bahwa para petinggi bank sentral sangat terbuka dengan langkah-langkah “tak biasa” untuk mendongkrak laju inflasi blok Euro yang telah berada di level terlalu rendah dalam waktu terlalu lama.

"Dalam kasus kebijakan moneter akomodatif diperlukan, adalah wajar untuk mempertimbangkan operasi lain yang ditujukan untuk menekan premi jangka. Dalam kondisi itulah pembelian aset akan dimasukkan sebagai alat kebijakan moneter," kata Coeure dalam sebuah sambutan yang dipersiapkan untuk konferensi International Monetary Fund.

Namun ECB juga tengah dihadapkan pada masalah yang sama dengan apa yang harus diatasi bank sentral utama lainnya, yaitu bagamana cara untuk merangsang ekonomi dengan tingkat suku bunga yang mendekati nol. Suku bunga acuan ECB saat ini bertengger di rekor terendah 0,25%, dan masih berpotensi dipangkas lebih lanjut.

Dalam rapat kebijakan awal bulan ini ECB memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga tidak berubah meskipun inflasi tahunan hanya tumbuh sebesar 0,5%, jauh di bawah target ECB yang mendekati 2%. Kendati demikian, ke-24 anggota dewan gubernur ECB dikabarkan telah sepakat untuk menggunakan alat unconventional jika diperlukan. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar