Rabu, 26 Juli 2017

world-economy  World Economy

Coeure: ECB ‘Serius’ Mempertimbangkan Suku Bunga Deposito Negatif

Rabu, 12 Februari 2014 20:37 WIB
Dibaca 712

Monexnews - European Central Bank benar-benar tengah mempertimbangkan opsi untuk menekan tingkat suku bunga deposito ke teritori negatif, menurut pernyataan seorang anggota dewan eksekutif bank sentral pada hari Rabu.

"Efek dari tingkat suku bunga deposito negatif adalah sesuatu yang tengah kami pertimbangkan dengan sangat serius. Namun Anda tidak perlu berekspektasi terlalu jauh tentang hal itu," kata Benoit Coeure, anggota dewan eksekutif ECB, dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Sepanjang beberapa bulan terakhir para petinggi ECB terus mengulang pernyataan bahwa bank sentral masih memiliki ruang untuk bertindak, guna membantu merangsang pemulihan zona Euro yang rapuh di tengah lemahnya pertumbuhan dan lambatnya inflasi. Tindakan tersebut dapat mencakup pembelian aset di pasar sekunder dan pergeseran suku bunga untuk deposit facility ke teritori negatif.

Pemberlakuan suku bunga deposito negatif akan memaksa bank-bank untuk memilih membayar biaya atas dana yang mereka parkir di ECB, atau mengalokasikan kelebihan likuiditas ke perekonomian zona Euro. Namun di lain sisi, opsi kebijakan tersebut juga bisa mendatangkan resiko jika bank-bank membebankan biaya tambahan itu kepada para nasabah mereka, yang akan membuat pinjaman menjadi semakin mahal. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar