Selasa, 25 Juli 2017

world-economy  World Economy

Constancio: ECB Siap Mengambil Tindakan ‘Cepat’ Untuk Mengatasi Deflasi

Senin, 7 April 2014 21:54 WIB
Dibaca 775

Monexnews - European Central Bank siap untuk mengambil tindakan “cepat” jika dibutuhkan untuk mengatasi resiko inflasi yang melekat di level rendah pada zona euro, ucap Wakil Presiden ECB Vitor Constancio hari ini di Brussels. “Kami tegas dalam tekad kami untuk mempertahankan sebuah akomodasi moneter tingkat tinggi,” ucap Constancio pada presentasi laporan tahunan ECB pada Committee on Economic and Monetary Affairs di Parlemen Eropa. “Kami siap untuk bertindak cepat jika dibutuhkan, dan Dewan Kebijakan telah mengeluarkan keputusan bulan terhadap komitmennya untuk turut menggunakan instrumen yang tidak konvensional di dalam mandate kami untuk mengatasi secara efektif resiko inflasi yang berada di level rendah untuk waktu yang terlalu lama.”

Komentar dari Constancio menyusul perkataan Presiden ECB Mario Draghi pada tanggal 3 April lalu bahwa ECB siap untuk membeli aset dalam jumlah besar untuk memerangi deflasi di blok euro, membuat analis dan investor menerka-nerka apa bentuk quantitative easing yang akan diluncurkan di zona euro yang terbagi-bagi. Bank sentral telah mensimulasikan dampak dari program senilai 1 trilyun euro (1.4 trilyun dollar) pada harga, menurut salah satu sumber.

Constancio mengatakan provisi dari pinjaman jangka panjang pada bank di zona euro pada saat krisis tidak memicu kenaikan harga. “Tingkat inflasi tinggi seperti yang diprediksi tidak pernah terjadi, dan saat ini kita berada pada rezim inflasi erndah,” ucapnya. “Kami akan terus siap untuk mengambil kebijakan guna menjamin kondisi pasar keuangan tetap stabil.” Constancio juga menyoroti kemajuan yang dibuat dalam mendirikan serikat perbankan di kawasan. “Memastikan bahwa sektor perbankan Eropa “aman” akan menciptakan kondisi bagi “penciptaan kembali provisi pinjaman untuk perekonomian riil,” ucapnya.

ECB saat ini melakukan 3 tahap pengkajian neraca perbankan sebelum menjadi pengawas tunggal perbankan blok euro di bulan November. “Kami sangat sadar terhadap tanggung jawab besar yang diminta untuk kami emban, dan hal tersebut akan dilaksanakan dengan sikap yang dapat dipercaya dan konsisten,” ucap Constancio. “Biarkan saya meyakinkan anda bahwa kami dalam kondisi apapun tidak akan mempengaruhi penilaian yang komprehensif.”

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar