Jumat, 20 Januari 2017

breaking-news Penjualan Ritel Inggris turun -1.9% di Desember vs. 0.2% di November, ekspektasi -0.1%.

world-economy  World Economy

Current Account Jepang Masih Defisit di Bulan Desember

Jumat, 8 Februari 2013 11:24 WIB
Dibaca 507

Monexnews - Pelemahan Yen kembali melambungkan defisit neraca pemerintah Jepang di bulan Desember. Data resmi hari ini meperlihatkan bahwa current account balance negara Jepang mencatat rapor merah untuk bulan ke-tiga secara beruntun. 

Defisit neraca jepang tercatat sebesar Y264.1 miliar di bulan Desember 2012 (sebelum penyesuaian musiman). Jumlah defisit melebar dibanding ekspektasi ekonom yang disurvei Dow Jones dan Nikkei, yang memperkirakan defisit hanya sekitar Y148.5 miliar. Buruknya data itu kemungkinan besar akan membuat pemerintah dan Bank of Japan (BOJ) merombak lagi kebijakan ekonominya. Sejauh ini bursa saham Jepang sudah melambung tinggi di tengah trend pelemahan kurs Yen serta wacana belanja besar pemerintah dan pelonggaran moneter BOJ. Tokyo sudah menginstruksikan pada bank sentral untuk melakukan intervensi di pasar uang demi menurunkan nilai tukar JPY sehingga kursnya sudah anjlok 14 sejak medio November. Pun demikian, data current account terbaru memperlihatkan bahwa eksportir belum benar-benar menyerap kebijakan itu sehingga kinerja ekspor masih lesu.

Komponen profit dari luar negeri juga dirilis mengecewakan dengan pemasukan hanya sebesar Y707.5 miliar. Kepala Ekonom RBS Securities Jepang, Junko Nishioka, mengatakan jumlah profit itu lebih kecil dibandingkan harapan namun juga melihat bahwa pembayaran akhir tahun sebagai faktor penghambat.

Untuk satu tahun penuh 2012, current account Jepang masih positif di angka Y4.70 triliun. "Dibantu oleh income surplus, Jepang kemungkinan mampu menjaga current account surplus tahunan walaupun defisit terus terjadi setiap bulan," tambah Toshihiro Nagahama, chief economist Dai-Ichi Life Research Institute. Nilai tukar USD/JPY ter[antau di 93.52 dan indeks Nikkei bertengger di 11.210 (Jumat 08/02).

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar