Minggu, 17 Desember 2017

world-economy  World Economy

Dampak Hard Brexit Hilangkan 10 Ribu Pekerjaan

Selasa, 19 September 2017 10:05 WIB
Dibaca 1052

Monexnews -Sekitar 10.000 pekerjaan keuangan akan dialihkan dari Inggris atau diciptakan di luar negeri dalam beberapa tahun ke depan jika Inggris ditolak untuk memiliki akses ke pasar tunggal Eropa, menurut sebuah survei Reuters terhadap perusahaan yang mempekerjakan sebagian besar pekerja di keuangan internasional.

Frankfurt sejauh ini adalah tujuan terpopuler untuk peran baru sebagai pusat keuangan benua biru tersebut, menurut survei, dengan Paris di peringkat dua.

Survei dilakukan terhadap 123 perusahaan yang menanyakan kepada bank-bank, asuransi, pengelola aset, perusahaan private equity dan bursa efek terbesar di Inggris mengenai detail rencana mereka sejauh ini jika hasil negosiasi adalah Hard Brexit.

Jawaban responden didapat melalui wawancara email dan telepon antara 21 Agustus dan 15 September, beberapa minggu setelah perusahaan mengajukan rencana terperinci mengenai persiapan Brexit mereka ke Bank of England (BoE) seperti yang dipersyaratkan pada 14 Juli. Bank menolak memberikan komentar mengenai hasil survei tersebut.

Hampir setengah dari perusahaan yang disurvei mengatakan kepada Reuters bahwa mereka harus memindahkan staf atau merestrukturisasi bisnis mereka karena Inggris secara resmi berpisah dari Uni Eropa pada bulan Maret 2019. Sepertiga jumlah responden lainnya mengatakan bahwa hal itu tidak akan berdampak, dan sisanya mengatakan bahwa mereka masih memutuskan rencana mereka atau menolak berkomentar.

 Jumlah pekerjaan yang akan dipindahkan atau dibuat di luar negeri didasarkan pada jawaban dari 39 perusahaan yang mempekerjakan setidaknya 350.000 orang. Sekitar 1,1 juta orang bekerja di sektor keuangan Inggris.

Hasil survei ini menunjukkan bahwa gelombang pertama kehilangan pekerjaan dari Brexit mungkin lebih rendah dari perkiraan, yang dapat berarti London akan mempertahankan posisinya sebagai pusat keuangan utama benua itu, setidaknya dalam jangka pendek.

Sebagian besar responden mengatakan bahwa pergerakan yang lebih besar bisa dilakukan dalam satu dekade atau lebih.

"Jika akan terjadi, itu tidak akan terjadi dalam satu ledakan perpindahan yang besar," kata seorang eksekutif senior di salah satu bank terbesar di Eropa, yang ikut dalam survei tersebut. "Akan ada banyak pekerjaan di London selama beberapa tahun," imbuhnya kepada Reuters, Selasa (19/9/2017)

Survei tersebut juga menunjukkan beberapa lembaga keuangan mungkin menunda keputusan, dengan harapan bahwa hasil negosiasi pemerintah Inggris dan Dewan Eropa adalah Soft Brexit dimana Inggris masih memiliki akses ke pasar tunggal Eropa. Gubernur BoE Mark Carney secara khusus memperingatkan perusahaan terhadap pendekatan tersebut, dengan mengatakan bahwa penting untuk mulai merencanakan sekarang.

(Irdy)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar