Jumat, 22 September 2017

world-economy  World Economy

Dampak Paket Kebijakan Ekonomi Akan Terlihat dalam 1-2 Bulan Setelah Dirilis

Rabu, 4 September 2013 10:00 WIB
Dibaca 682

Monexnews - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri menilai bahwa dampak paket kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah beberapa waktu yang lalu, baru dapat terlihat pada satu hingga dua bulan setelah paket kebijakan tersebut dikeluarkan. “Kita baru mulai keluarkan paketnya kan dua minggu lalu, tentu anda baru akan melihat dampaknya dalam satu dua bulan setelah dikeluarkan,” ujar Menkeu, Senin (2/9).

Menurut Menkeu, dampak paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah hampir serupa dengan dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi terhadap penurunan jumlah impor minyak, “Jadi, menurut perkiraan saya baru akan kelihatan penurunan defisit transaksi berjalan pada triwulan tiga yang angka itu baru diumumkan sama BI (Bank Indonesia) November kali ya, nanti akan kelihatan di situ,” ujar Menkeu.

Menkeu percaya defisit neraca transaksi berjalan pada triwulan III akan lebih kecil dibandingkan defisit neraca transaksi berjalan triwulan II yang mencapai 9,2 miliar dolar AS (4,4 persen dari PDB). “Saya tetap optimis bahwa defisitnya lebih kecil dari 4,4 persen. Itu nanti semua akan tercermin,” ungkap Menkeu.

Pemerintah, lanjut Menkeu, belum menyiapkan paket kebijakan ekonomi alternatif, oleh karena itu pemerintah harus fokus dengan paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan, demi mengendalikan transaksi berjalan kembali ke jalur positif. “Ini saja dijalanin dulu,” pungkas Menkeu. (nic)


Sumber: Rilis Resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia

 www.depkeu.go.id

 *disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar