Rabu, 24 Mei 2017

breaking-news Moody's turunkan peringkat kredit China, AUDUSD turun 20 pip ke 0.7453

world-economy  World Economy

Data Belgia, Pertanda Buruk Bagi Inflasi Blok Euro

Selasa, 27 Mei 2014 20:02 WIB
Dibaca 822

Monexnews - Belgia menjadi negara blok Euro pertama yang merilis data inflasi bulan Mei. Data ekonomi Belgia hari Selasa menunjukkan pertumbuhan harga konsumen merosot ke level terendah dalam lebih dari 4 tahun. Tingkat inflasi melambat ke 0,36% pada bulan Mei dari 0,62% pada bulan April, sebuah hasil mengecewakan yang sekaligus menandai level terlemah sejak Desember 2009.

"Data Belgia biasanya dijadikan indikasi, dengan begitu inflasi zona Euro kemungkinan akan memperlihatkan penurunan pada bulan Mei," kata Steen Jakobsen, kepala investasi Saxo Bank. "Trend itu jelas."

Biasanya statistik ekonomi berpenduduk sekitar 11 juta orang ini tidak terlalu mendapatkan perhatian luas, tapi kali ini berbeda. Dengan European Central Bank yang nampaknya kian berpeluang untuk bertindak melawan inflasi rendah, para pelaku pasar pun terus coba mencari bukti-bukti yang memperkuat ekspektasi tersebut.

Pada hari Senin kemarin, Presiden ECB Mario Draghi juga kembali memperlihatkan keprihatinan atas masalah harga. "Kami tidak akan membiarkan inflasi bertahan terlalu rendah dalam waktu yang terlalu lama," kata Draghi dalam sebuah konferensi ECB di Portugal.

Komentar tersebut dianggap oleh pasar sebagai sinyal terbaru bahwa ECB akan mengambil langkah-langkah pelonggaran lebih lanjut dalam pertemuan kebijakan 3 Juni mendatang. Bank sentral diperkirakan secara luas akan menurunkan suku bunga deposito ke teritori negatif dan memperkenalkan alat kebijakan baru yang bertujuan mendorong pinjaman perbankan ke sektor usaha. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar