Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

Data Cerminkan Ekonomi Jepang Kehilangan Momentum

Rabu, 30 April 2014 12:22 WIB
Dibaca 427

Monexnews - Sejumlah data fundamental yang di rilis hari ini (Rabu, 30/4) oleh pemerintah Jepang menunjukkan angka yang kurang memuaskan sehingga mencerminkan bahwa perekonomian kini sedang kehilangna momentum.

Data industrial production m/m Jepang tercatat naik 0.3% di bulan Maret, melonjak dari angka sebelumnya di level (-2.3%) pada bulan Februari. Namun demikian kenaikkan tersebut masih di anggap kurang signifikan karena masih di bawah ekspektasi sebesar 0.5%.

Selain itu, data indeks manufaktur PMI (purchasing manufacturing index) bulan April menunjukkan sektor menufaktur melambat setelah dirilisnya pajak penjualan. Indeks manufaktur muncul sebesar 49.4 sekaligus mencatat angka terburuk sejak Februari 2013 silam. Padahal angka sebelumnya masih mencatat di level 53.9 di Maret. Indeks manufaktur yang merupakan barometer kondisi sektor pabrikan Jepang menunjukkan bahwa permintaan ekspor maupun domestik sama-sama melemah.

Pihak Capital Economics turut menjelaskan bahwa data itu hanya membebani keyakinan pasar bahwa ekonomi Jepang telah kehilangan momentum sebelum kenaikan pajak penjualan pada 1 April lalu. Sehingga hal itu kemungkinan akan menyebabkan aktivitas ekonomi bakal melambat pada bulan April dan Mei akibat kalangan konsumen mengurangi pengeluarannya (spending).

Namun demikian, pasar masih memiliki sisi positifnya. Capital Economics memperkirakan ekonomi akan meningkat di akhir tahun 2014 akibat memudarnya dampak dari kenaikan pajak penjualan, sehingga menyebabkan tingginya permintaan konsumen. Hal positif lainnya adalah saat ini perusahaan-perusahaan memiliki tingkat persediaan yang rendah, ini berarti mereka harus meningkatkan produksinya begitu setelah permintaan pasar (demand) pulih kembali. (dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar