Jumat, 24 Maret 2017

world-economy  World Economy

Data China dan Yen Mendominasi Rally Asia

Kamis, 10 Januari 2013 11:49 WIB
Dibaca 412

Monexnews - Secara umum rally bursa Asia pada perdagangan hari Kamis (10/01) terutama berkat rilis data perdagangan China yang muncul menggembirakan serta berlanjutnya pelemahan Yen yang membangkitkan sektor eksportir Jepang.

Bursa Hang Seng - Hong Kong dan Kospi – Korea Selatan menguat setelah pemerintah China melaporkan angka ekspor bulan Desember muncul lebih tinggi dari perkiraan serta lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Sehingga rilis data tersebut mencerminkan pulihnya permintaan (demand) dari negara terbesar ke dua dunia.

Angka ekspor China melonjak hingga 14.1% dibanding 2.9% pada bulan sebelumnya setahun lalu. Selain itu, neraca perdagangan China bulan Desember juga memberikan sentimen positif ke pasar lantaran melaporkan surplus perdagangan sebesar $31.6 miliar, jauh di atas ekspektasi para ekonom yang memperkirakan surplus $19.7 miliar, dan $19.6 pada periode sebelumnya.   

Sementara saham Jepang – Nikkei mengalami rebound setelah mata uang yen kembali menyentuh level rendah baru dalam 2½ tahun terakhir terhadap dollar. Akibatnya para investor kembali berminat untuk membeli saham-saham di lini eksportir seiring Yen melemah hingga ke level 88.21 terhadap USD. Para investor banyak berminat ke saham orientasi ekspor dengan harapan bahwa pelemahan Yen yang berkepanjangan akan mendongkrak sektor tersebut lebih kompetitif di pasar global.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar