Jumat, 28 Juli 2017

world-economy  World Economy

Data China Refleksikan Pemulihan Global

Senin, 17 Februari 2014 13:38 WIB
Dibaca 595

Monexnews - Kinerja lantai bursa Shanghai China nampak akan kokoh sepanjang minggu ini setelah mengawali pekan ini dengan mencatatkan level tertingginya dalam dua bulan terakhir.

Optimisme merebak setelah di akhir pekan lalu pemerintah merilis data pinjaman baru China yang mencatatkan rekor angka pinjaman tertinggi dalam 4 tahun terakhir di bulan Januari. Total angka pinjaman baru China (new loans) yang berhasil digelontorkan melalui sektor perbankan meningkat menjadi 1.320 triliun yuan dari angka sebelumnya 483 miliar yuan. Hasil tersebut meleset dari ekpektasi sebesar 1.075 triliun yuan.

Rilis data itu cukup berhasil meredakan kekhawatiran pasar karena sebelumnya para investor cemas terhadap bank sentral China yang kini dikhawatirkan tengah melakukan pengetatan moneter. Sebelumnya di hari Rabu (12/02), pemerintah juga telah merilis data perdagangan China yang mencatatkan hasil jauh lebih kuat dari perkiraan dengan kenaikkan tajam dari sisi ekspor.

Alhasil, minat aksi beli investor kemungkinan akan terus terpacu oleh optimisme pasar yang menyimpulkan bahwa data-data yang apik tersebut turut merefleksikan adanya pemulihan ekonomi global. Sementara optimisme investor meningkat menjelang rilis data aktivitas manufaktur PMI bulan Februari dari HSBC yang sedianya akan tayang hari Kamis (20/02). Catatan sebelumnya menunjukkan angka manufaktur di bulan Januari mengalami kontraksi ke level 49.5.

 

(Daru Wibisono)        

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar