Selasa, 17 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Data Ekonomi Jerman Dan Perancis Belum Mampu Topang Zona Euro

Selasa, 16 Desember 2014 16:46 WIB
Dibaca 533

Monexnews - Sektor manufaktur dan jasa di 18 negara kawasan euro nyaris tidak berekspansi di bulan Desember seiring pertumbuhan aktivitas bisnis di Jerman dan Perancis masih terlihat lesu.

Markit Economics mengatakan bahwa indeks komposite untuk sektor manufaktur dan jasa naik menjadi 51.7 dari 51.1 di bulan November, naik tipis di atas level 51.5 yang merupakan perkiraan ekonom dalam survei Bloomberg. Pembacaan di atas 50 indikasikan ekspansi. Indeks pabrik naik menjadi 50.8 dari 50.1, sementara indeks untuk sektor jasa naik ke 51.9 dari 51.1.

Dengan Perancis yang ekonominya bergerak stagnan pada tahun ini, Italia yang berada di fase resesi dan Jerman yang sedang berjuang untuk meninggalkan level pertumbuhan terlemah pada pertengahan tahun ini, European Central Bank siap untuk meluncurkan stimulus lebih lanjut di tengah pemerintah yang sedang bergulat dengan reformasi ekonomi. Beberapa dukungan untuk konsumen zona euro mungkin akan datang dari harga minyak yang telah turun lebih dari 40% pada tahun ini, sementara para eksporter mungkin akan mendapatkan keuntungan dari pelemahan euro.

"Pertumbuhan aktivitas zona Euro terlihat sedikit lebih cepat di bulan Desember namun saat ini masih terlihat lebih banyak pelemahan daripada lonjakan dalam ekonomi menjelang akhir tahun, dengan ketakutan pelemahan masih terlihat di negara-negara inti seperti Perancis dan Jerman," kata Chriss Williamson, kepala ekonom Markit di London. "Kenaikan itu sebagian besar di dorong oleh seluruh kawasan, dimana pertumbuhan mencapai level tertinggi lima bulan untuk melengkapi tahun terbaik "kawasan" yang terlihat sejak tahun 2007."  

(fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar