Selasa, 30 Mei 2017

world-economy  World Economy

Data Inflasi Belum akan Ubah Pola Kebijakan Bank Indonesia

Senin, 4 Agustus 2014 13:49 WIB
Dibaca 1223

Monexnews - Data inflasi bulan Juli yang dirilis pagi ini dianggap kondusif oleh pelaku pasar, dan masih terbuka kemungkinan inflasi Indonesia tembus ke angka 5% pada akhir tahun ini. Pasalnya, pemerintah belum juga menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

Menurut tim ekonom Standard Chartered seperti dikutip oleh Dow Jones Newswires, angka inflasi sebesar 0.93% bulan lalu bukanlah suatu kejutan. Kenaikan harga memang kerap terjadi di tengah periode Ramadhan, tahun ajaran baru dan libur bersama. Lebih dari itu, kenaikan tarif dasar listrik turut mengubah peta harga di level konsumen. DBS meyakini bahwa inflasi akhir tahun kemungkinan besar mengarah ke 5% apabila kebijakan subsidi BBM tidak berubah. 

Sementara bank investasi DBS, dalam laporan hariannya menilai kenaikan inflasi bulan Juli tidak akan otomatis berdampak pada penurunan suku bunga acuan oleh bank sentral. Asumsi ini mengacu pada harga inflasi inti yang masih memperlihatkan adanya tekanan pada pos permintaan. Oleh karena itu, Bank Indonesia diyakini belum akan bergeming dari program pengetatan moneternya yang bertujuan untuk menyeimbangkan defisit neraca dan nilai tukar Rupiah.

Seperti dilaporkan sebelumnya, Badan Pusat Statistik beberapa saat lalu mengumumkan laporan inflasi untuk Indonesia untuk periode Juli 2014. Inflasi Juli tercatat sebesar 0,93% dibandingkan bulan lalu dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 113,05.

Sementara jika dihitung memakai periode tahun kalender (Januari-Juli) 2014, inflasi Juli adalah sebesar 2,94% dan tingkat inflasi tahunan (Juli 2014 terhadap Juli 2013) adalah 4,53%. Sebelumnya, analis di pasar keuangan memang memperkirakan inflasi stabil di bawah 1% dan inflasi tahunan lebih rendah dari 5%. Prediksi ini diambil dengan mengacu pada stabilitas harga barang dan jasa selama masa lebaran.

Komponen inti pada Juli 2014 mengalami inflasi sebesar 0,52%. Tingkat inflasi komponen inti tahun kalender (Januari-Juli) 2014 sebesar 2,40% dan tingkat inflasi komponen inti tahun ke tahun (Juli 2014 terhadap Juli 2013) adalah sebesar 4,64%.(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar