Minggu, 28 Mei 2017

world-economy  World Economy

Pemulihan Pasar Tenaga Kerja AS Cenderung Flat

Kamis, 6 Juni 2013 19:54 WIB
Dibaca 668

Monexnews - Jumlah pekerja AS yang mengajukan aplikasi untuk mendapatkan tunjangan pengangguran baru mengalami penurunan sepanjang pekan lalu, meskipun penurunan moderat tersebut mengindikasikan jika pasar tenaga kerja AS masih kesulitan untuk menciptakan pekerjaan baru.

Laporan Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan angka klaim awal pengangguran berkurang sebanyak 11.000 menjadi 346.000 dalam pekan yang berakhir pada 1 Juni lalu. Angka tersebut sedikit lebih lemah dari ekspektasi penurunan menjadi 345.000. Sementara rata-rata klaim dalam 4-minggu, yang dianggap lebih stabil untuk menggambarkan tren pasar pekerjaan, naik sebesar 4.500 ke level tertinggi 6-minggu menjadi 352.500.

Data klaim awal pengangguran AS, meskipun masih bertahan di dekat level terendah 5-tahun, telah memperlihatkan pergerakan yang flat sejak awal tahun 2013 setelah mencatat penurunan stabil menjelang akhir tahun 2012.

Datarnya angka klaim pengangguran tersebut sejalan dengan berkurangnya penciptaan lapangan pekerjaan sepanjang beberapa bulan terakhir. Perekonomian AS tercatat menambahkan rata-rata 152.000 pekerjaan pada periode bulan Maret-April, turun tajam dari rata-rata 237.000 pekerjaan yang tercatat sepanjang periode bulan November-Februari.

Dengan demikian, para ekonom nampaknya tidak terlalu berharap akan terjadi banyak peningkatan pada bulan Mei. Non Farm Payrolls diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan 170.000 lapangan kerja baru di AS sepanjang bulan lalu, dengan tingkat pengangguran bertahan di level 7,5%. Bahkan beberapa ekonom lainnya memperkirakan pertumbuhan yang lebih kecil, menyusul lemahnya data pekerjaan sektor swasta AS yang dirilis ADP pada hari Rabu. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar