Jumat, 21 Juli 2017

world-economy  World Economy

Data Machinery Orders Jepang Dirilis Mengecewakan

Kamis, 11 Desember 2014 15:20 WIB
Dibaca 382

Monexnews - Untuk pertama kalinya dalam lima bulan terakhir, angka core machinery orders atau pesanan alat-alat mesin Jepang turun. Machinery orders bulan Oktober anjlok 6,4% dibandingkan data bulan September dan gagal memenuhi harapan pelaku pasar.

Hal ini menunjukkan bahwa Jepang masih terpengaruh efek negatif dari kenaikan pajak bulan April lalu. Padahal sebelumnya pakar ekonomi yang disurvei oleh Wall Street Journal dan Nikkei memperkirakan machinery orders hanya turun 2,1% di bulan Oktober. Machinery orders sendiri merupakan indikator belanja modal utama yang bisa memperlihatkan efektivitas kebijakan anggaran pemerintah.

Kantor kabinet Shinzo Abe berdalih kalau penurunan yang terjadi merupakan reaksi sementara terhadap kenaikan pesanan alat mesin yang terjadi satu bulan sebelumnya. Sejak turun sebanyak 20% bulan Maret lalu, angka machinery orders konsisten meningkat setiap bulannya hingga September 2014 (naik 2,9%). Fakta tersebut memunculkan asumsi bahwa sektor industri Jepang tidak terpengaruh oleh kebijakan tidak populer itu, sampai akhirnya situasi berbalik negatif di bulan Oktober.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar