Kamis, 19 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Data Perdagangan Korsel Raih Angka Positif

Senin, 3 Maret 2014 16:32 WIB
Dibaca 410

Monexnews - Meskipun hari ini investor Korea Selatan di cemaskan oleh kekhawatiran perlambatan global, namun data ekonomi fundamental domestik masih ada yang berkinerja positif. 

Berdasarkan data yang di rilis pemerintah hari Sabtu lalu (1/3), ekspor Korea Selatan mengalami rebound di bulan Februari, setelah menyusut pada bulan sebelumnya saat liburan Tahun Baru Imlek sehingga mengakibatkan jumlah hari kerja yang lebih sedikit.

Tingkat ekspor bulan Februari tercatat naik 1,6% dari tahun sebelumnya menjadi $ 42.989 milyar, setelah menurun (-0,2%) di Januari. Sedangkan tingkat impor naik 4,0% menjadi $ 42.064 miliar di Februari, dibanding dengan (-1,0%) pada bulan Januari. Angka tersebut jauh di atas ekspektasi yang memperkirakan +2,8% untuk Februari.

Lonjakan angka tersebtu menyebabkan surplus perdagangan Februari (trade balance) turut meningkat menjadi sekitar $0.926 milyar, dari sebelumnya sebesar $0.76 milyar. Asal tahu saja, neraca perdagangan negara itu sempat berada di zona hitam sejak Februari 2012 silam.

Sementara ekonomi Korea Selatan mengalami peningkatan sepanjang tahun 2013 lalu dibandingkan laju pada tahun 2012, terutama berkat peningkatan ekspor lantaran pangsa pasar negara maju seperti Amerika Serikat mengalami pemulihan. (dar)

 

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar