Rabu, 18 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Data PMI Indonesia di Juni Alami Kontraksi

Senin, 3 Juli 2017 18:17 WIB
Dibaca 1379

Monexnews - Sektor manufatur Indonesia pada Juni lalu mengalami kontraksi, setelah dalam empat bulan sebelumnya selalu tumbuh, dimana sektor ini lebih banyak menyumbang pada pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua, daripada di kuartal pertama.

Survei dari Nikkei-Markit terhadap manufaktur yang ada di Indonesia memperlihatkan indeks aktivitas sektor manufaktur (purchasing managers index/PMI) Indonesia periode Juni sebesar 49,5. Indeks tersebut lebih rendah dibanding bulan sebelumya yang memperlihatkan adanya ekspansi, mencapai 50,6. Angka PMI di bawah 50 menunjukkan tidak adanya ekspansi.

Namun untuk  pesanan baru barang ekspor pada Juni lalu tumbuh dengan kecepatan tertinggi dalam sembilan bulan terakhir. Rata-rata PMI untuk kuartal kedua 2017 berada di teritori ekspansi dan melebihi indeks kuartal pertama.

“Ini mengindikasikan bahwa sektor manufaktur terlihat sedang berupaya memberikan kontribusi yang lebih kuat terhadap PDB dibanding kuartal pertama tahun ini,” kata  Markit, Pollyana Delima, seperti dikutip The Financial Times (3/7).  (Irdy)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar