Senin, 23 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Defisit Perdagangan Australia Menciut di Penghujung Tahun

Selasa, 3 Februari 2015 11:17 WIB
Dibaca 692

Monexnews - Sektor perdagangan Australia mencatat rapor bagus di bulan Desember 2014. Sayangnya kabar baik ini tertutupi oleh berita pemangkasan suku bunga acuan yang dilakukan oleh bank sentralnya beberapa saat lalu. 

Defisit perdagangan Australia berkurang dari A$1,02 miliar menjadi A$440 juta di bulan Desember 2014. Demikian laporann Australian Bureau of Statistics hari ini. Jumlah defisit itu merupakan yang terkecil sejak neraca perdagangan berbalik dari surplus ke defisit pada bulan April 2014 lalu. Pelaku pasar sebelumnya memprediksi defisit muncul di angka A$900 juta di bulan Desember.

Volume ekspor naik 1% dibandingkan bulan November akibat terbantu oleh pelemahan kurs Dollar Australia. Sementara nilai impor turun dalam persentase yang sama karena terpengaruh oleh kelesuan sektor investasi pertambangan.

Australia sempat menikmati keuntungan dari booming ekspor komoditas selama satu dasawarsa terakhir. Investasi membanjiri proyek sektor-sektor migas seperti pembangunan lahan tambang, pelabuhan dan pabrik-pebarik pengolahan. Sayangnya momen itu berakhir, di mana produk bijih besi dan batubara kehilangan pembeli selama 6 bulan terakhir. Banyak pengamat ekonomi menilai booming serupa akan terulang dalam waktu dekat karena kondisi ekonomi dunia belum membaik.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar