Senin, 25 September 2017

world-economy  World Economy

Defisit Transaksi Berjalan Jepang Membengkak 4 Kali Lipat

Senin, 10 Maret 2014 9:36 WIB
Dibaca 587

Monexnews - Negeri sakura Jepang kembali mengalami defisit transaksi berjalan (current account deficits) dalam 4 bulan berturut-turut hingga bulan Januari akibat defisit bulanan nya kian membengkak ke angka rekor dalam tiga bulan beruntun.

Defisit transaksi berjalan, yang menjadi ukuran umum perdagangan Jepang dengan negara-negara lain di seluruh dunia, tercatat mencapai Y 1.589 triliun pada bulan Januari, membengkak lebih dari empat kali lipat dari defisit di tahun sebelumnya sebesar Y 348.4 miliar. Pihak Kementerian menjelaskan bahwa data pembanding yang tersedia hanya sampai tahun 1985.

Defisit di bulan Januari itu jauh lebih lebar dari ekspektasi para ekonom yang disurvei oleh Nikkei dan The Wall Street Journal yang memperkirakan defisit Y 1.410 triliun. Pemerintah menuturkan bahwa defisit ini disebabkan oleh besarnya defisit perdagangan pada bulan Januari yang mencapai Y 2.3 triliun, akibat melambatnya tingkat eksport, namun import melonjak .

Current account merupakan alat ukur perdagangan untuk barang, jasa, pariwisata dan investasi. Neraca berjalan menghitung dengan menentukan perbedaan antara pendapatan dari sumber-sumber asing terhadap pembayaran kewajiban luar negeri, tidak termasuk investasi modal bersih Jepang. (dar)

 

 

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar