Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

Demi Bertemu Warren Buffett, Pengusaha China Rela Bayar Rp3,8 miliar

Selasa, 9 Juni 2015 13:00 WIB
Dibaca 2038

Monexnews - Lelang amal berhadiah makan siang dengan miliarder Warren Buffett kembali diadakan tahun ini. Sama seperti tahun lalu, pemenang yang berhasil memberikan penawaran tertinggi untuk momen langka ini berasal dari wilayah Asia.

Kemajuan ekonomi di China memunculkan jutawan-jutawan baru dari berbagai industri. Tidak heran jika pemenang lelang 'makan siang dengan Warren Buffett' tahun ini berasal dari sana. Adalah pemilik perusahaan gaming, Dalian Zeus, yang sukses memenangkan lelang untuk bertemu dengan salah satu orang terkaya dunia. Dengan merogoh kocek sebesar $2,35 juta atau setara Rp3,32 miliar, jutawan bernama Zhu Ye berkesempatan untuk 'mencuri ilmu' dari Buffett.

Zhu Ye adalah lulusan Universitas Teknologi Beijing yang sekarang menjadi pemilik Dalian Zeus. Ia sangat mengidolai Warren Buffett dan menyebut pertemuan dengan sang legenda sebagai 'mimpi yang jadi kenyataan' dan menegaskan kalau dirinya akan meminta saran soal investasi non-materiil. Ketika ditanya oleh CNBC tentang alasan di balik angka $2.345.678 yang diajukannya saat lelang, Zhu mengatakan ia hanya terinspirasi oleh kuotasi sahamnya di bursa Shenzhen, yakni 002354. Ia juga memastikan bahwa uang makan siang yang akan diadakan di restoran steak Smith & Wollensky, Manhattan ini tidak masuk ke dalam pos pengeluaran perusahaannya.

Zhu bukanlah orang China pertama yang berhasil memenangkan 'lelang makan siang dengan Warren Buffett'. Pada tahun 2008, investor bernama Zhao Danyang juga sukses memenangkan lelang dengan jumlah penawaran $2,1 juta. Tahun lalu, pria asal Singapura, Andy Chua, menjadi orang yang beruntung mendapat kesempatan ini dengan nilai bidding $2,2 juta. Adapun nilai penawaran terbesar yang pernah masuk adalah $3.456.789, diajukan oleh orang kaya yang tidak mau disebut namanya pada tahun 2012 silam.

Selama 16 tahun terakhir, Warren Buffett memang mendonasikan uang hasil lelang kepada yayasan yang mengurus orang miskin dan tunawisma. Jika ditotal jumlahnya sejak pertama kali diadakan sampai sekarang yakni mencapai lebih dari $17 juta. (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar