Sabtu, 22 Juli 2017

world-economy  World Economy

Demi Mendorong Pertumbuhan, BI Memangkas Suku Bunga 25 Bps

Selasa, 17 Februari 2015 18:03 WIB
Dibaca 751

Monexnews - Bank Indonesia secara mengejutkan menurunkan suku bunga utamanya untuk pertama kalinya dalam 3 tahun pada hari Selasa. Sebuah langkah yang menghantarkannya bergabung mengikuti tren pelonggaran kebijakan moneter global sebagai upaya mendukung perekonomian di tengah melambatnya inflasi. 

Bersama Dewan Gubernur, Gubernur BI Agus Martowardojo menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 7,5%. Keputusan tersebut mementahkan estimasi tanpa perubahan dari para ekonom. Bank sentral Indonesia juga memangkas suku bunga deposito perbankan, yang dikenal sebagai Fasbi, sebesar 25 basis poin menjadi 5,5%.

Penurunan harga komoditas dan berkurangnya investasi telah menyebabkan perekonomian Indonesia menyusut pada kuartal terakhir tahun lalu dibandingkan periode 3 bulan sebelumnya. Yang menjadikan ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini harus mencatat pertumbuhan tahunan terlemah sejak setidaknya krisis keuangan global.

Dengan memangkas tingkat suku bunga, para pembuat kebijakan nampaknya juga berupaya mengantisipasi potensi kenaikan suku bunga Federal Reserve AS pada tahun ini, yang bisa meningkatkan resiko keluarnya dana investasi dari pasar negara berkembang. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar