Rabu, 18 Januari 2017

breaking-news Indeks Rata-Rata Pendapatan Inggris naik 2.8% di November vs 2.6% di Oktober, estimasi 2.6%.

world-economy World Economy

Desember, Kinerja Manufaktur RI Terburuk dalam Sejarah

Jumat, 2 Januari 2015 11:29 WIB
Dibaca 636

Monexnews - Selain data perdagangan, laporan sektor manufaktur Indonesia juga dirilis mengecewakan. Indikator yang memaparkan aktivitas pabrikan di bulan Desember 2014 ini turun ke rekor terendahnya sejak survei pertama kali dilakukan.

Menurut data survei lembaga peneliti Markit Economics dan HSBC Bank, aktivitas manufaktur anjlok ke angka indeks 47.6 dari angka bulan November 2014 di 48. Angka indeks tersebut merupakan level terburuk dalam sejarah survei PMI HSBC untuk Indonesia. Sebagai catatan, angka di bawah 50 menandakan bahwa kinerja sektor pabrikan menurun.

Hasil produksi manufaktur turun selama 3 bulan berturut-turut dalam laju tercepatnya sejak terakhir kali terjadi bulan Januari 2012. Tidak hanya itu, jumlah pesanan produk baru juga menurun dalam laju tercepatnya selama periode yang sama sejak sejarah survei HSBC. 

Menurut tim analis HSBC, kombinasi antara kebijakan subsidi dan tren nilai tukar membuat gairah bisnis dan produksi merosot tajam. "Kenaikan harga BBM bulan November dan pelemahan Rupiah mendorong kenaikan harga produksi dan pemesanan," ujar Su Sian Lim, Ekonom ASEAN HSBC. Namun Lim meyakini kalau kondisi seperti ini tidak akan bertahan lama seiring perubahan tren ekonomi.

"Bulan Desember akan menandai puncak inflasi harga. Setelah itu, pemulihan ektivitas ekonomi akan menjaga ekspektasi inflasi," tambahnya. Ahli ekonomi HSBC ini juga yakin kalau inflasi bisa ditahan di bawah level tahunan 8% di sepanjang 2015.

 (dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar