Kamis, 19 Januari 2017

breaking-news Bank of Canada mempertahankan suku bunga di level 0.50%.

world-economy World Economy

Deutsche Bank Bangun 'Gudang' Emas di Singapura

Senin, 10 Juni 2013 13:13 WIB
Dibaca 901

Monexnews - Deutsche Bank AG membuka fasilitas penyimpanan emas di Singapura yang memiliki daya tampung logam mulia senilai $9 miliar. Perusahaan keuangan ini melihat adanya prospek pembelian emas di Asia seiring rencana pemerintah setempat untuk menjadikan kotanya sebagai lokasi investasi. 

Singapura tahun lalu memangkas pajak barang dan jasa berbasis emas guna menaikkan porsi permintaan konsumen hingga 10-15% terhadap total demand global dalam sepuluh tahun ke depan. Pada tahun lalu, tingkat permintaan emas negara Singapura baru mencapai 2% dari total permintaan global. Pemerintah bercita-cita untuk menjadikan Singapura sebagai salah satu lokasi investasi dan penyimpanan emas terbesar di Asia. 

"Emas biasanya hanya disimpan di lokasi seperti London, Zurich dan New York. Namun sekarang terjadi perubahan dinamika pembelian logam mulia seiring meningkatnya risiko krisis keuangan," ujar Mark Smallwood, Deutsche Asset & Wealth Management's head of wealth planning in the Asia-Pacific region, seperti dilansir Wall Street Journal. Faktor politik dan ekonomi di Eropa membuat investor was-was dalam menyimpan asetnya sehingga minat beli emas fisik meningkat. Trend seperti ini menguntungkan Singapura, yang lama dikenal sebagai salah satu lokasi untuk menyimpan aset bernilai tinggi.

"Kami melihat konsumen mulai melirik emas setelah menyadari kondisi (ekonomi) saat ini. Mereka merasa kepemilikan emas sangatlah penting," tambah Smallwood. Menurutnya, investor dan konsumen emas juga menginginkan sarana penyimpanan yang aman terutama bagi mereka yang berinvestasi di Asia. Deutsche Bank mulai melayani order penyimpanan emas tiga pekan lalu dan bersiap menerima tingginya permintaan untuk penyimpanan lebih banyak di masa depan.

Brankas yang dimiliki Deutsche dapat menampung 200 metrik ton emas atau setara dengan volume emas yang dimiliki oleh Belgia dan Filipina. Lokasinya terletak di the Singapore Freeport, sebuah fasilitas dengan keamanan tingkat tinggi dan berada di bawah pengelolaan Malca-Amit, perusahaan spesialis penyimpanan emas dan barang berharga. Deutsche Bank sendiri merupakan bank pengelola investasi berbasis emas terbesar dunia dan berperan dalam menggerakkan harga logam di bursa London setiap hari. Harga emas saat ini terpantau di level $1382.00 per ons.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar