Rabu, 18 Oktober 2017

world-economy  World Economy

Di Amerika, Harga BBM Semakin Murah Saja

Senin, 8 Desember 2014 10:25 WIB
Dibaca 1715

Monexnews - Proyek ketahanan migas yang dijalankan oleh pemerintah Amerika Serikat benar-benar berdampak positif terhadap warganya. Harga bahan bakar minyak (BBM) dilaporkan terus menurun dalam beberapa pekan terakhir hingga ke bawah $2 per galon.

Berbeda dengan di Indonesia, harga bensin di Amerika tidak sama antara satu negara bagian dengan negara bagian lainnya. Bahkan ada pula stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang menjual BBM dengan harga yang berbeda dengan SPBU lain di satu wilayah, meskipun selisihnya tidak terlalu jauh.

Menurut laporan GasBuddy.com, harga BBM termurah di negeri Paman Sam pekan lalu tercatat di sebuah SPBU di di area Spicewood Drive, San Antonio, Texas. Bensin reguler dijual seharga $1.99 per galon kepada konsumen di SPBU Petronic tersebut. Texas sendiri merupakan negara bagian ke-dua yang menjual harga BBM hingga di bawah $2 per galon dengan harga rata-rata di $2.48 per galon.

Pada hari Rabu pekan lalu, sebuah SPBU di Oklahoma menjadi lokasi penjualan pertama yang mematok harga bensin di bawah $2 per galon. Sekarang, sudah ada 3 SPBU di negara bagian itu yang menjual BBM dengan murah dengan harga terendah mencapai $1.89 per galon. Fenomena penurunan harga bisa terjadi karena harga minyak dunia konsisten melemah dan harga minyak mentah Amerika Serikat sudah anjlok 33% sepanjang 2014.

Secara nasional, harga BBM rata-rata adalah sebesar $2.71 per galon atau turun 56 sen dibandingkan satu tahun lalu (data AAA). Jumlah itu merupakan penurunan tahunan terbesar sejak tahun 2009 dan berdampak pada penghematan uang konsumen sampai $200 juta atau setara Rp2,75 triliun per hari. Meski demikian, tidak semua orang Amerika bisa menikmati BBM murah karena ada beberapa negara bagian yang memberlakukan pajak mahal untuk produk migas. Supaya harga BBM nasional bisa mencapai $2 per galon, harga minyak dunia harus turun sampai $25-30 per barel.

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar