Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Dibuka Menguat, Bursa Eropa Tunggu Data Inflasi

Senin, 31 Maret 2014 15:59 WIB
Dibaca 527

Monexnews - Bursa saham Eropa hari ini dibuka menguat. Investor bersikap waspada jelang rilis data penting yaitu laporan inflasi zona Euro untuk bulan Maret.

Indeks gabungan Stoxx 600 naik 0.6% ke posisi 335.58, sekaligus mengarah ke level tertingginya untuk bulan Maret. Lonjakan indeks dimotori oleh saham Novartis AG, yang meroket 3.2% setelah produsen farmasi itu menyelesaikan uji coba obat gagal jantung. Novertis mengklaim hasil test sangat memuaskan dan obat tersebut sudah bisa didaftarkan ke pihak otoritas. Saham ING Group juga naik 2.4% setelah bank asal Belanda itu berencana melanjutkan pembayaran dividen untuk tahun 2015.

Secara umum, data yang patut dicermati oleh pelaku pasar Eropa pekan ini adalah laporan inflasi konsumen hari Senin. Analis keuangan memperkirakan inflasi melemah 0.6% pada bulan Maret atau lebih rendah dibandingkan catatan bulan Februari lalu, 0.7%. Hasil data inflasi terbaru dapat mempengaruhi kebijakan suku bunga European Central Bank, di mana peluang untuk pemangkasan suku bunga atau pengucuran stimulus menjadi terbuka lebar. Bank sentral sendiri baru akan menggelar pertemuan rutinnya pada hari Kamis dan investor sudah khawatir kalau zona Euro masuk ke dalam fase deflasi sehingga laju ekonomi makin terhambat. Oleh karena itu pelaku pasar berharap banyak pada kebijakan bank sentral nantinya. 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar