Minggu, 23 Juli 2017

world-economy  World Economy

Diduga Terlibat Manipulasi Valuta, BOE Skorsing Karyawannya

Kamis, 6 Maret 2014 10:15 WIB
Dibaca 536

Monexnews - Penyimpangan bukan hanya bisa terjadi di lembaga keuangan swasta. Institusi sebesar bank sentral pun belum tentu steril dari manipulasi, seperti apa yang dialami oleh Bank of England baru-baru ini.

Bank of England mengumumkan telah menon-aktifkan seorang karyawannya karena diduga terlibat dalam manipulasi di pasar uang. Otoritas memang tidak menyebut nama, posisi dan jenis penyimpangan yang dilakukannya, namun bank sentral mengklaim sang karyawan 'tidak mengikuti prosedur aturan'.

Bank of England menekankan bahwa yang status yang bersangkutan masih terduga karena hasil investigasi internal belum menemukan indikasi keterlibatan apapun. Tim penyelidik telah mempelajari sekitar 15.000 email, dan 21000 rekaman percakapan dengan media keuangan Bloomberg dan Reuters. Sebanyak rekaman telepon dengan total durasi 40 jam juga diperdengarkan satu per satu.

"Hasil penyelidikan sejauh ini tidak menunjukkan adanya keterlibatan staf kami dalam aktivitas manipulasi pasar mata uang dengan modus penyebaran informasi rahasia," demikian isi pernyataan bank sentral. Namun otoritas berkomitmen untuk memperketat akses karyawannya dengan pihak luar dalam setiap pengambilan kebijakan.

Pengawas keuangan di Inggris, Eropa, Asia dan Amerika Serikat memang sedang gencar melakukan investigasi untuk membongkar aksi manipulasi di pasar valuta, yang perputaran dananya mencapai $5.3 triliun per hari. Penyelidikan internal dan eksternal melibatkan lembaga keuangan besar seperti UBS, Deutsche Bank, Barclays dan RBS. Bank Sentral Inggris sendiri berpusat di London, poros lalu lintas transaksi valuta dunia. Salah satu modus penyimpangan yang kerap terbongkar dalam beberapa tahun terakhir adalah pengaturan London Interbank Offered Rate (Libor), bunga acuan yang dipakai bank-bank untuk trading.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar