Selasa, 28 Maret 2017

world-economy  World Economy

Dijsselbloem: Bailout Ketiga Yunani Realistis

Kamis, 5 September 2013 16:37 WIB
Dibaca 409

Monexnews - Permasalahan keuangan Yunani tidak akan berakhir pada tahun 2014 dan masih realistis untuk memperkirakan bahwa Yunani akan membutuhkan dana tambahan dari zona euro sebelum dapat kembali memasuki pasar, menurut kepala menteri keuangan zona euro. Pihak kreditur internasional memperkirakan bahwa Yunani akan membutuhkan sekitar 10-11 milyar euro (13.1-14.4 milyar dollar) dari semester kedua tahun 2014 untuk dapat bertahan juga di tahun 2015. Namun sejumlah pemerintah zona euro enggan untuk memperpanjang bantuan pinjaman akibat opini public yang negatif, dan lelah untuk memberikan bailout terhadap negara lainnya setelah krisis hutang yang berlangsung selama 3 tahun.

"Melihat adanya kecemasan dibutuhkannya program bailout ketiga Yunani, sudah jelas bahwa terlepas dari kemajuan belakangan ini, permasalahan Yunani tidak akan terselesaikan pada tahun 2014," ucap Jeroen Dijsselbloem pada Parlemen Eropa. "Realistis untuk berasumsi bahwa bantuan tambahan akan dibutuhkan pada program ini. Dalam konteks ini, Eurogroup telah mengindikasikan bahwa pihaknya bersedia memberikan bantuan yang cukup untuk Yunani pada program saat ini dan seterusnya hingga Yunani kembali mendapatkan akses pada pasar," ucapnya.

Dijsselbloem, yang juga merupakan menteri keuangan Belanda, mengatakan bahwa ketika data keuangan publik Yunani untuk tahun 2013 tersedia pada bulan April 2014, zona euro mungkin akan mempertimbangkan bantuan lanjutan untuk pihak Athena. "Tahun lalu Eurogroup setuju untuk mempertimbangkan kebijakan tambahan jika dibutuhkan, seperti pengurangan lebih lanjut pada suku bunga fasilitas pinjaman Yunani… jika Yunani berhasil memenuhi syarat dengan tepat," ucap Dijsselbloem. "Kami belum berada dalam posisi untuk menilai apakah Yunani memenuhi persyaratan hingga bulan April tahun depan," ucapnya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar