Jumat, 24 Maret 2017

world-economy  World Economy

Dijsselbloem Peringatkan Kecemasan Deflasi

Kamis, 5 Juni 2014 17:44 WIB
Dibaca 563

Monexnews - Presiden Eurogroup, Jeroen Dijsselbloem, pada hari Kamis memperingatkan bahwa kecemasan deflasi yang melanda zona euro dapat menjadi sebuah "self fulfilling prophecy" seiring investor menjadi semakin cemas. Dijsselbloem, kepala grup menteri keuangan zona euro dan menjabat sebagai menteri keuangan Belanda, mengatakan European Central Bank memiliki “alasan untuk mengambil tindakan” pada pertemuan kebijakan hari Kamis ini seiring tingkat inflasi bergerak dalam arah yang salah. tingkat inflasi zona euro di luar perkiraan turun menjadi 0.5% bulan lalu, menambah tekanan pada Mario Draghi, Presiden European Central Bank, untuk mengambil tindakan guna memerangi resiko deflasi.

"ECB memiliki mandat, dan mereka harus memastikan tingkat inflasi dalam jangka menengah berada dekat target 2%. Saat ini inflasi tidak bergerak dalam arah tersebut, sehingga ada alasan untuk mengambil tindakan. Kami akan akan menantikan keputusan hari ini dan melihat apa yang akan mereka lakukan untuk melaksanakan mandatnya," ucap kepala Eurogroup tersebut. Ia memperingatkan bahwa ekspektasi pasar terlalu banyak dari hanya satu pertemuan dan masalah deflasi zona euro tidak dapat diatasi oleh intervensi dari ECB sendiri.

"Jika ada mendengarkan sejumlah ekspektasi yang beredar beberapa hari belakangan ini, mereka mungkin akan kecewa karena tidak mungkin kita mendapatkan hasil yang begitu besar dalam waktu singkat," ucapnya. "Saya yakin akan yang akan dilakukan ECB akan membantu, namun tidak dapat hanya datang dari ECB. Pemerintah dan kerjasama di Eurogroup harus tetap kuat," tambahnya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar