Selasa, 17 Januari 2017

world-economy World Economy

Dituduh Korupsi, PM Luksemburg Pilih Mundur

Kamis, 11 Juli 2013 14:59 WIB
Dibaca 480

Monexnews - Perdana Menteri Luksemburg, Jean-Claude Juncker, hari ini mengumumkan pengunduran dirinya dari kursi perdana menteri menyusul skandal di salah satu institusi pemerintahan. Artinya, salah satu anggota terkecil zona Euro terpaksa mengelar pemilihan umum dalam tiga bulan ke depan.

Pasca sesi parlemen beberapa saat lalu, Juncker mengatakan dirinya segera menemui kepala kerajaan (Grand Duke) dan kepala negara Luksemburg untuk menyerahkan surat resignasinya. Beberapa waktu terakhir, ia dijerat tuduhan korupsi dan penyalahgunaan wewenang di antaranya spekulasi di pasar keuangan, penyadapan secara ilegal dan 'kongkalikong' proyek dengan agen negara SREL. Ia memutuskan untuk tidak menjalani proses mosi tidak percaya di parlemen dan memilih untuk mundur. Pun demikian, Juncker masih memiliki kesempatan untuk mencalonkan diri sebagai perdana menteri pada pemilu berikutnya.

Pria 58 tahun ini adalah kepala negara dengan periode pemerintahan terlama di Eropa. Sampai dengan Januari 2013, Ia juga menjabat sebagai Kepala Eurogroup yang beranggotakan menteri-menteri keuangan zona Euro.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar