Kamis, 23 Maret 2017

world-economy  World Economy

Dollar & Emas Sama Kuat Terkait Fundamental

Rabu, 4 September 2013 12:47 WIB
Dibaca 695

Monexnews - Hari ini dollar dan harga emas dunia sama-sama diperdagangkan kuat di level-nya dimana dollar tampil berkinerja impresif hampir terhadap semua major currencies, sedangkan emas bertengger kokoh di kisaran $1412/troy ons setelah semalam rebound hingga 1.32%. Kondisi ini jarang terjadi pada perdagangan komoditas dunia.    

Fenomena ini terjadi lantaran ke dua produk investasi tesebut lebih diakibatkan oleh faktor fundamental yang berpengaruh besar terhadap karakter masing-masing produk itu. Baik dollar maupun emas kali ini sama-sama mengesampingkan hubungan korelasi dimana harga emas di denominasi dalam bentuk dollar, dalam hal ini kurs dollar AS atau USD. Artinya bila kurs dollar AS mengalami penguatan, nilai emas otomatis akan menurun, begitu pula sebaliknya.

Kokohnya USD hari ini lebih diakibatkan oleh hembusan isu tapering (pengurangan stimulus) yang kian santer di pasar global setelah Federal Reserve mengulangi rencananya untuk mulai mengurangi pembelian obligasi bulanan-nya secepatnya bulan September ini. Dan rencana tapering tersebut mencuat menyusul membaiknya data-data ekonomi Amerika Serikat (AS) belakangan ini.

Data ekonomi yang di rilis Amerika semalam menunjukkan ISM manufacturing PMI bulan Agustus naik menjadi 55.7 dari bulan sebelumnya 55.4. Sedangkan angka construction spending melonjak 0.6% di bulan Juli dari bulan sebelumnya unchanged. Sepanjang pekan lalu, pemerintah juga merilis angka pertumbuhan ekonomi kuartal-2 (GDP kuarta II) yang di luar perkiraan di revisi naik tajam menjadi 2.5% dari rilis sebelumnya di angka 1.7%. Selain itu, data manufaktur PMI khusus wilayah Chicago meningkat menjadi 53.0 di bulan Agustus dari angka sebelumya di level 52.3. Dan indeks sentimen konsumen dari University of Chicago di revisi naik menjadi 82.1 dari catatan sebelumnya di angka 80.

Sementara kuatnya harga emas hari ini yang bertengger kokoh di atas level $1400/troy ons, di duga akibat merebaknya kekhawatiran pasar terhadap isu intervensi militer AS ke Suriah. Semalam harga emas melesat hingga level $1416.25/troy ons setelah muncul kabar bahwa serangan ke Suriah di setujui oleh Konggres AS. Menurut sumber di Wall Street, Presiden Barack Obama telah memperoleh dukungan dari dua orang penting di partai Republik untuk melancarkan aksi militer ke negara Suriah.

Bahkan laporan harian Rusia kemarin menyebutkan bahwa dua “rudal balistik” telah diluncurkan ke arah timur Mediterania, sehingga hal itu terus meningkatkan eskalasi kekhawatiran masyarkat bahwa AS akan segera menyerang Suriah.

Secara umum emas akan cenderung menguat bila muncul ketidakpastian di pasar akibat gejolak pertikaian politik maupun ketidakstabilan ekonomi di suatu wilayah atau negara. Hal itu karena masyarakat akan condong mencari tempat yang lebih aman guna melindungi aset-aset investasinya dari guncangan ketidakstabilan ekonomi, dalam hal ini produk emas menjadi pilihan aset safe-haven.(dar)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar