Sabtu, 25 Maret 2017

world-economy  World Economy

Dr. Doom: Tahun ini, Harga Emas Naik 30%

Rabu, 14 Januari 2015 11:48 WIB
Dibaca 681

Monexnews - Jarang sekali ada investor yang berani memprediksi terjadinya penguatan emas di tahun 2015. Faktor penguatan Dollar dan tekanan inflasi rendah diyakini sudah menghabisi peluang logam mulia ini untuk naik lagi.

Namun berbeda halnya dengan trader kenamaan, Marc Faber. Figur yang dijuluki Dr. Doom ini justru memperkirakan emas akan mampu menguat sekitar 30% di tahun 2015. "Saya positif (terhadap emas), katakanlah kenaikannya sekitar 30%," ujarnya dalam acara Presentasi Stratgei Keuangan Global yang diadakan oleh bank investasi Societe Generale.

Faber meyakini kalau bank-bank sentral negara maju akan jatuh bangun menghadapi kesulitan ekonomi domestik. "Satu-satunya cara untuk mengantisipasi kejatuhan bank sentral adalah dengan membeli emas, perak dan platinum," tambahnya.

Sebagai catatan, harga emas sudah anjlok 35% dari rekor tertingginya dalam sejarah di area $1900-an yang tercapai bulan September 2011. Logam mulia favorit investor ini menjadi salah satu aset simpanan dengan performa harga terburuk dalam dua tahun terakhir, dengan rasio penurunan sebesar 28% di 2013 dan 1,5% di 2014. Sedangkan untuk bulan pertama tahun 2015, harganya relatif stabil.

Marc Faber menganggap emas sebagai produk yang layak dibeli karena aset-aset lainnya sudah terlalu mahal dari kacamata investasi. "Real-estate mahal, saham mahal, obligasi mahal, benda seni mahal sedangkan suku bunga dan deposito jangka pendek pada dasarnya nihil," kilahnya di hadapan peserta forum. Khusus bagi saham-saham Amerika Serikat, Faber melihat harganya sudah kelewat tinggi sehingga tidak pantas dilirik. Adapun saham negara berkembang berpeluang meningkat lagi harganya meskipun berinvestasi di sana pada awal 2015 akan terbilang prematur. "Saya tidak melihatnya murah. Tetapi valuasi harga saham negara berkembang tidak juga bisa dibilang mahal. Dalam 6-9 bulan ke depan, saham negara berkembang akan mulai menarik," tutup Faber.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar