Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

Draghi: ECB Siap Ambil Tindakan Jika Inflasi Terlampau Rendah

Selasa, 17 Desember 2013 15:52 WIB
Dibaca 453

Monexnews - Presiden ECB, Mario Draghi menyatakan bahwa bank sentral Eropa siap untuk melakukan intervensi jika inflasi terlampau rendah untuk periode yang berkepanjangan, di saat bersamaan Draghi juga optimis bahwa zona Euro dapat terhindar dari situasi deflasi yang menimpa Jepang.

Laju inflasi zona Euro telah anjlok dibawah target ECB dibawah 2 persen dalam beberapa bulan terakhir, seiring upaya zona Euro untuk keluar dari resesi dan sektor perbankan masih dalam progress memperbaiki balance sheet mereka selama krisis. Situasi ini memang serupa dengan yang terjadi di Jepang pada tahun 1990-an ketika gelembung sektor real estate mulai pecah sehingga menyeret negara tersebut ke dalam siklus deflasi yang sampai sekarang belum juga pulih secara sepenuhnya.

Namun Draghi cukup optimis dengan menyatakan di depan parlemen Eropa bahwa resiko deflasi di zona Euro akan terhindari karena stimulus moneter di zona Euro jauh lebih kuat dibanding stimulus yang digelontorkan Jepang pada periode krisis lampau. ECB sejauh ini telah memangkas suku bunga acuan ke level rekor rendah 0.25% di bulan November dan juga menyuntik dana 1 trilyun Euro pada sistem perbankan. 

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar