Rabu, 20 September 2017

world-economy  World Economy

Draghi: ECB Siap Mengambil Tindakan Terkait Resiko Inflasi

Senin, 26 Mei 2014 15:53 WIB
Dibaca 850

Monexnews - European Central Bank (ECB) waspada terhadap resiko yang ditimbulkan oleh rendahnya tingkat inflasi, dan harus siap untuk mengambil tindakan jika resiko terkait lemahnya pertumbuhan harga di zona euro membesar, ucap Presiden ECB pada hari Senin. "Saat ini, ekspektasi kami adalah tingkat inflasi yang rendah akan berlangsung lama namun secara bertahap kembali menuju ke dekat level 2%. Tanggung jawab kami adalah untuk waspada terhadap resiko yang mungkin timbul atas skenario tersebut dan bersiap mengambil tindakan," ucap Mario Draghi, Presiden ECB dalam pernyataan pada sebuah konferensi di Sintra, Portugal.

Tingkat inflasi zona euro mengalami kenaikan di bulan April, namun masih berada di bawah ekspektasi, memberikan tekanan pada ECB untuk menstimulasi perekonomian. Inflasi harga konsumen naik hanya sebesar 0.7% dari tahun ke tahun di bulan April, mencetak kenaikan dari level rendah 52 bulan di bulan Maret pada 0.5%.

"Tingkat suku bunga negatif mungkin akan mengacaukan ekspektasi inflasi. Dan menurut pengalaman internasional kami perubahan ini dapat terjadi cukup cepat, terutama jika tujuan dari kebijakan moneter tidak jelas," ucapnya. Perkembangan pada nilai tukar mata uang, yield, atau pasar modal yang menghasilkan pengetatan moneter dan kondisi keuangan mungkin akan memerlukan penyesuasian dari instrumen konvensional dari ECB, ucap Draghi. Namun tekanan turun pada inflasi atau ekspektasi inflasi oleh bank sentral yang berkepanjangan dapat mengakibatkan langkah yang lebih ekspansioner, yang mana berada dalam konteks program pembelian aset secara luas, ucapnya.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar