Selasa, 25 Juli 2017

world-economy  World Economy

Draghi Mengekspresikan Krisis Eropa Sudah Dimenangkan ECB

Kamis, 10 Januari 2013 21:08 WIB
Dibaca 813

Monexnews -

Setelah ECB menetapkan tingkat suku bunga untuk tidak berubah di level rekor rendah 0.75% pada hari Kamis, Presiden ECB, Mario Draghi muncul pada konferensi pers dengan beberapa penyataan penting, antara lain.

 

Ekonomi riil masih sesuai dengan proyeksi bank sentral sebulan yang lalu, maka belum ada alasan yang kuat untuk merubah prospek kestabilan harga jangka menengah dan hal ini pulalah yang menyebabkan ECB tidak merubah tingkat suku bunganya.

 

Mengenai perbaikan situasi pasar keuangan, Draghi menyatakan bahwa yield obligasi dan CDS negara member telah turun secara signifikan, sementara pasar saham menguat. Volatility juga berada pada level historis minimum. Selain itu Draghi melihat adanya arus capital inflow yang solid ke kawasan Eropa.

 

Di satu sisi, Draghi juga mengakui resiko ekonomi zona Euro masih kebawah, terutama akibat implementasi reformasi secara structural yang berjalan lamban di kawasan Eropa, serta isu geopolitik dan ketidakseimbangan negara indusri maju. Faktor ini berpotensi menghambat sentimen untuk periode yang lebih lama dibanding asumsi sebelumnya dan menunda laju pemulihan pada investasi swasta, angka pengangguran dan tingkat konsumsi.

 

Pada sesi tanya jawab, Draghi mengekspresikan kepuasannya pada kondisi market sehingga ECB tidak lagi dalam sikap mengantisipasi krisis, yang artinya ECB menganggap krisis Eropa sudah usai, sehingga stimulus, rate cut, dll kemungkinan tidak perlu ditambah, namun tingkat suku bunga masih perlu akomodatif karena pertumbuhan ekonomi masih lemah. 

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar