Kamis, 27 Juli 2017

world-economy  World Economy

Draghi: Momentum Pertumbuhan Ekonomi Zona Euro Telah Melambat

Senin, 17 November 2014 22:53 WIB
Dibaca 568

Monexnews - Presiden European Central Bank, Mario Draghi, di depan parlemen Eropa mengatakan pertumbuhan ekonomi zona euro telah melambat selama musim panas, namun ia menekankan akan bertindak lebih lanjut untuk merangsang perekonomina jika dibutuhkan. Draghi mengatakan seluruh anggota dewan berkomitmen untuk menggunakan instrumen un-konvensional jika dibutuhkan.

Draghi menyatakan hal tersebut meski ekonomi zona euro secara tak terduga tumbuh di atas ekspektasi di kuartal ketiga. Eurostat melaporkan ekonomi zona euro tumbuh sebesar 0,2% di kuartal ketiga dari kuartal sebelumnya, lebih baik dari estimasi ekonom sebesar 0,1%. Eurostat juga merevisi naik pertumbuhan di kuartal kedua menjadi 0,1% dari sebelumnya 0,0%. Sementara dua ekonomi terbesar Eropa, Jerman dan Perancis juga mencatat pertumbuhan. Destatis melaporkan pertumbuhan ekonomi Jerman sesuai ekspetasi sebesar 0,1% pada periode Juli - September. Sedangkan Insee melaporkan pertumbuhan ekonomi Perancis sebesar 0,3% di kuartal ketiga dari kuartal sebelumnya, kenaikan tersebut lebih tinggi dari ekspetasi sebesar 0,1%. Namun Insee juga merevisi turun pertumbuhan di kuartal kedua menjadi -0,1% dari sebelumnya 0%. 

Tingginya tingkat pengangguran dan rendahnya inflasi menjadikan masih menjadi kekhawatiran akan kesehatan ekonomi blok 18 negara tersebut. ECB telah memangkas tingkat suku bunga pinjaman ke rekor terendah, dan menerapkan suku bunga deposito negatif serta meluncurkan program pembelian covered bonds dan asset-backed securities untuk memacu perekonomian zona euro. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar