Kamis, 25 Mei 2017

world-economy  World Economy

Draghi Nantikan Data Inflasi

Senin, 28 April 2014 20:51 WIB
Dibaca 467

Monexnews - Data inflasi Zona Euro kemungkinan akan membuat Mario Draghi mengambil kebijakan monter paling radikal selama dua setangah tahun kepemimpinannya di European Central Bank. Data inflasi akan dirilis pada Rabu 30 April, rendahnya inflasi kemungkinan akan memangksa Draghi mengambil langkah memberlakukan tingkat suku bunga negatif atau menodorong rencana quantitative easing.

Namun berbagai survei menunjukkan inflasi di Zona Euro pada bulan April akan meningkat dari bulan sebelumnya. Survei yang dilakukan Reuters, memperkirakan inflasi tahunan akan naik menjadi 0,8%, dari bulan Maret sebesar 0,5%. Sementara survei yang dilakukan Bloomberg menunjukkan inflasi pada bulan April berada pada kisaran 0,7% - 0,9%. Namun jika data yang dirilis lebih rendah dari survei tersebut dan bulan sebelumnya maka tidak menutup kemungkinan Draghi akan mengambil tindakan pada rapat kebijakan moneter ECB pekan depan, meski beberapa pejabat ECB mengatakan belum akan mengambil langkah dalam waktu dekat.

Wakil Presiden ECB, Vktor Constancio, mengatakan bank sentral tidak akan melihat data bulan ini saja untuk mengambil langkah selanjutnya. Sementara anggota ECB sekaligus pimpinan bank sentral Austria, Ewald Nowotny, mengatakan keputusan akan menunggu sampai bulan Juni, dimana ECB akan akan merevisi perkiraan makroekonomi untuk pertumbuhan dan inflasi.

Menurut Credit Agricole CIB , langkah pertama yang akan diambil ECB jika data tidak sesuai estimasi adalah memangkas suku bunga. Tingkat suku bunga ECB saat ini sebesar 0,25% yang bertahan sejak bulan November, sementara tingkat suku bunga deposit sebesar 0% sejak bulan Juli 2012. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar