Jumat, 15 Desember 2017

world-economy  World Economy

Draghi: Nilai Tukar Bukan Merupakan Target Kebijakan

Senin, 18 Februari 2013 22:07 WIB
Dibaca 826

Monexnews - Nilai tukar tidak menjadi target kebijakan bank sentral, menurut Presiden European Central Bank Mario Draghi pada hari Senin. Kendati demikian, Draghi menegaskan jika nilai tukar memiliki peranan penting untuk membantu bank sentral dalam menilai stabilitas harga yang menjadi mandat utama. Komentar tersebut dilontarkan Draghi sebelum menghadiri acara European Parliament's Committee on Economic and Monetary Affairs di Brussels.

Pernyataan Draghi tersebut sejalan dengan hasil pertemuan kelompok negara industri dan berkembang G20 akhir pekan lalu, di mana mereka mengumumkan bahwa kompetisi devaluasi mata uang tidak akan terjadi.

Isu ‘currency war’ kian memanas sejak terpilihnya Shinzo Abe sebagai Perdana Menteri Jepang yang baru. Abe dinilai pelaku pasar akan mendorong kebijakan moneter yang lebih akomodatif, yang akan kian memperlemah mata uang Jepang.

Pembahasan mengenai perang mata uang juga kian merebak di kawasan Eropa seiring melonjaknya Euro, yang terbantu oleh meningkatnya keyakinan bahwa fase terburuk krisis Eropa telah terlewati. Euro sejauh ini terpantau telah menguat terhadap mata uang utama lainnya, sehingga menghadirkan ancaman bagi ekspor dan laju pemulihan ekonomi zona Euro.

Dalam kesempatan yang sama Draghi juga memperingatkan bahwa ECB mulai menyadari adanya resiko dari menahan kebijakan dalam sebuah periode berkepanjangang. Tingkat suku bunga rendah, yang telah dipertahankan sejak Juli tahun lalu, beresiko memicu penggelembunga harga perumahan atau aset di zona Euro. "Seperti halnya krisis yang menyakitkan, bubble juga dapat menimbulkan biaya yang besar bagi perekonomian riil," tambah Draghi. (vid)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar