Minggu, 4 Desember 2016

world-economy World Economy

Draghi Peringatkan Tingginya Nilai Euro

Senin, 14 April 2014 8:37 WIB
Dibaca 558

Monexnews - Kesabaran Presiden European Central Bank, Mario Draghi, terhadap tingginya nilai mata uang euro, dengan mengatakan penguiatan nilai tukar akan menimbulkan pelonggaran moneter lebih lanjut.

“Penguatan nilai tukar euro dapat memaksa pelonggaran moneter lebih lanjut. Itu merupakan langkah yang penting untuk stabilitas harga kami” kata Draghi.

Peringatan tersebut merupakan sikap terkeras Draghi sejak ia dan rekan-rekannya di ECB mulai mengeluh terhadap penguatan mata uang sejak awal Maret. Dengan iniflasi hanya 0,5% sementara target inflasi dari ECB 2%, dan euro telah menguat 6% dari terhadap dollar dalam satu tahun terakhir sehingga membahayakan stabilitas harga akibat impor menjadi lebih murah sementara ekspor akan tertekan.

International Monetary Fund dan World Bank juga meminta kepada pejabat ECB untuk segera melakukan tindakan untuk mengatasi lemahnya inflasi sebelum mengalami deflasi seperti Jepang.

Draghi pada ECB pada rapat kebijakan moneter terakhir mengatakan anggota pembuat kebijakan mendiskusikan opsi untuk meredam ancaman deflasi kedepannya, opsi antara lain QE, pemangkasan tingkat suku bunga dan deposit facility. (pap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar