Selasa, 24 Januari 2017

world-economy  World Economy

Pesimis Terhadap Pemulihan Zona Euro, ECB Siap Tambah Pembelian Aset

Jumat, 21 November 2014 16:06 WIB
Dibaca 656

Monexnews -  Presiden European Central Bank Mario Draghi berbicara pada European Banking Congres di Frankfurt mengatakan bahwa ECB akan menambah pembelian asetnya jika dibutuhkan untuk mendongkrak tingkat inflasi. "Kami akan terus melaksanakan tanggung jawab kami.. kami akan melakukan apapun yang harus dilakukan untuk menaikkan inflasi dan ekspektasinya secepatan mungkin, sesuai mandat stabilitas harga," ucapnya. "Jika menurut proyeksi kebijakan kami masih belum cukup efektif mencapai target ini, atau terdapat resiko lebih lanjut pada outlook inflasi, kami akan menambah tekanan naik dan memperluas channel intervensi kami, dengan mengubah jumlah, laju, dan komposisi pembelian aset kami," ucapnya.

Perekonomian zona euro kemungkinan akan tetap stagnan dalam jangka pendek hingga menengah, menurut Presiden European Central Bank Mario Draghi pada hari Jumat. "Pemulihan yang kuat nampaknya tidak mungkin terjadi dalam beberapa bulan kedepan," ucap Draghi pada pidato pembukaan European Banking Congress di Frankfurt. ECB telah meluncurkan sejumlah kebijakan untuk melonggarkan kondisi kredit di kawasan zona euro guna mendorong tingkat pertumbuhan dan megnatasi inflasi yang berada di level rendah yang berbahaya. Kebijakan tersebut termasuk memangkas suku bunga ke rekor rendah dan mengumumkan rencana untuk membeli covered bonds dan asset-backed securities (ABS).
Bagaimanapun juga, spekulasi telah beredar mengenai bagaimana dan kapan ECB akan memulai program pembelian obligasi pemerintah seperti di AS. Selain Draghi, Jens Weidmann, Presiden bank sentral Jerman (Bundesbank) juga akan berbicara pada European Banking Congress di Frankfurt. Weidmann dikenal sebagai seorang yang hawkish pada Dewan Kebijakan ECB dan telah memperingatkan mengenai "jalur berbahaya" yang mungkin akan ditempuh quantitative easing.
Euro nampak tertekan pasca pidato dari Draghi, anjlok ke level rendah di sekitar area 1.2470.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar