Sabtu, 27 Mei 2017

world-economy  World Economy

Draghi: Zona Euro Tunjukkan 'Gejala Positif'

Senin, 3 Juni 2013 11:37 WIB
Dibaca 426

Monexnews - Presiden European Central Bank (ECB), Mario Draghi angkat bicara tentang kondisi terkini di wilayah Euro saat mengunjungi China hari ini. Menurutnya, situasi 'sangat menantang' sehingga pihak bank sentral tidak berharap untuk melihat perubahan berarti sepanjang tahun 2013.

Berbicara di Shanghai hanya tiga hari jelang pengumuman forecast pertumbuhan dan inflasi tahunan ECB, Mario Draghi menyatakan dirinya melihat 'gejala-gejala stabilisasi'. Namun demikian, ia meminta semua pihak tidak terlalu berharap banyak karena ECB memiliki skenarionya sendiri, yakni menargetkan pertumbuhan positif di penghujung tahun. Bank sentral berharap perbaikan ekonomi berjalan secara bertahap sesuai dengan estimasi dewan pembuat kebijakan. Ia optimis kondisi kawasan akan berubah mulai tahun depan. 

Statement Presiden ECB tidak jauh berbeda dengan apa yang sudah dikemukakannya beberapa bulan terakhir. Sebagian besar anali memperkirakan ECB menurunkan proyeksi pertumbuhan tahun ini dalam laporan yang dirilis Kamis nanti. Saat ini bank sentral memproyeksikan ekonomi Euro minus 0.5% untuk tahun 2013 untuk kemudian berbalik positif tahun depan. Serangkaian data ekonomi yang baru diumumkan memperkuat indikasi bahwa area Euro akan tetap kontraksi sepanjang musim semi sehingga menggenapi periode kontraksi selama 7 kuartal beruntun. Nilai tukar EUR/USD kini terpantau di 1.30084. 

 

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar