Minggu, 17 Desember 2017

world-economy  World Economy

Dua Petinggi BoE Dukung Kenaikan Suku Bunga

Rabu, 20 Agustus 2014 16:33 WIB
Dibaca 541

Monexnews - Dua petinggi Bank of England di luar dugaan memilih untuk mulai menaikkan tingkat suku bunga bulan ini, menjadi pejabat bank sentral pertama yang melakukan hal tersebut dalam lebih dari 3 tahun, menurut hasil minutes pertemuan BoE hari Rabu. Martin Weale dan Ian McCafferty - anggota di luar 9 orang Monetary Policy Committee di BoE - memilih untuk menaikkan suku bunga acuan Inggris menjadi 0.75% dari 0.5%, langkah yang dapat menghidupkan kembali ekspektasi dukungan mayoritas terhadap kenaikan suku bunga sebelum akhir tahun. Sebelum pertemuan BoE tanggal 6-7 Agustus lalu, sebagian besar ekonom memperkirakan adanya perbedaan suara mengeniai tingkat suku bunga. Namun nada pada review ekonomi kuartalan oleh BoE pada tanggal 13 Agustus lalu membuat perkiraan hasil polling BoE akan secara bulat menghasilkan keputusan untuk mempertahankan suku bunga di rekor rendah.

BoE memangkas proyeksi laju pertumbuhan upah untuk tahun 2014 sebanyak setengahnya dan mengatakan bank sentral ingin melihat prospek pertumbuhan upah yang berkepanjangan sebelum mengetatkan kebijakan, meski Gubernur BoE Mark Carney menambahkan bahwa hal ini tidak berarti laju pertumbuhan upah harus melebihi inflasi sebelum tingkat suku bunga dapat naik. Minutes pada hari Rabu menunjukkan bahwa Weale - yang mendukung kenaikan suku bunga pada tahun 2011 lalu, dan menentang adanya petunjuk kebijakan, dan McCafferty, meyakini bahwa turunnya tingkat pengangguran menandakan prospek menguatnya laju pertumbuhan upah. "Mengingat kebijakan moneter dampaknya terlambat, kami ingin mengantisipasi tekanan pada pasar tenaga kerja dengan menaikkan suku bunga sebelumnya," ucap Weale danMcCafferty. Anggota MPC lainnya berpikiran bahwa tekanan inflasi masih belum cukup sepadan untuk mengambil resiko menaikkan tingkat suku bunga.
Sebagian besar ekonom tidak memperkirakan adanya kenaikan suku bunga sebelum bulan Februari tahun depan. Pandangan tersebut diperkuat oleh data yang menunjukkan penurunan tahunan pertama pada tingkat upah dalam 5 tahun di kuartal kedua 2014 , dan juga penurunan yang lebih beasr dari ekspektasi pada tingkat inflasi bulan Juli. Namun sejumlah ekonom memperkirakan BoE akan mulai mengetatkan kebijakan lebih awal.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar