Selasa, 25 April 2017

world-economy  World Economy

Dukung Perbaikan Infrastruktur RI, ADB Pinjamkan 400 Juta Dolar AS

Kamis, 28 November 2013 14:20 WIB
Dibaca 397

Monexnews - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) menyediakan pinjaman sebesar 400 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk membantu Indonesia mempercepat perbaikan infrastuktur yang diperlukan untuk mendorong laju pertumbuhan yang lebih inklusif.

ADB menilai, Indonesia telah mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi yang pesat beberapa tahun terakhir. Namun, saat ini laju pertumbuhan ekonomi mulai melambat. Selain karena kondisi ekonomi eksternal, pelambatan ini juga diakibatkan oleh kurangnya dukungan infrastruktur untuk menopang laju pertumbuhan. “Lemahnya konektivitas transportasi dan sistem logistik telah menghambat pertumbuhan Indonesia, dan hal tersebut menyulitkan upaya Pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan dan kesenjangan,” ujar Direktur Jenderal Departemen Asia Tenggara ADB James Nugent, Rabu (27/11).

Oleh karena itu, pinjaman yang akan diberikan oleh ADB ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mendorong investasi di sektor infrastruktur. “Dana pinjaman ADB ini akan dimanfaatkan untuk mendorong reformasi kebijakan yang dapat mengurangi hambatan dan mendorong investasi di sektor ini,” katanya.

Pinjaman ADB berbasis kebijakan (policy-based loan) ini bertujuan untuk memperkuat kerangka regulasi di sektor transportasi dan logistik, mendukung pertumbuhan investasi di sektor transportasi, memacu perbaikan konektivitas domestik dengan perbaikan perawatan jalan, dan meningkatkan konektivitas internasional melalui efisiensi pelabuhan di Indonesia. Tujuan lain dari program ini adalah untuk memperbaiki konektivitas ke kawasan timur Indonesia untuk meningkatkan peluang ekonomi dan mengurangi kemiskinan.(ak)

 

Sumber: publikasi resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia'

www.kemenkeu.go.id

 

*disadur tanpa perubahan

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar