Sabtu, 22 Juli 2017

world-economy  World Economy

ECB Constancio Tidak Melihat Adanya Resiko Deflasi

Rabu, 2 April 2014 16:35 WIB
Dibaca 489

Monexnews - Zona euro mungkin akan terhindar dari deflasi seiring pemulihan ekonomi yang lambat mengurangi kapasitas luang pada perekonomian, ucap Wakil Presiden European Central Bank Vitor Constancio. “Prospek inflasi adalah penyebab kecemasan,” ucap Constancio pad akonferensi pers di Athena kemarin, dua hari setelah data menunjukkan tingkat inflasi zona euro melambat di bulan Maret menjadi 0.5%, level terendah dalam lebih dari 4 tahun. “Jika pemulihan menguat, itu artinya pelemahan akan berkurang, dan itu akan membatu.”

ECB akan menggelar pertemuan kebijakan besok untuk membahas data ekonomi yang membaik dengan kenaikan pada tingkat harga yang tertinggal. Presiden ECB Mario Draghi memprediksikan bahw apemuliahan akan mendorong inflasi kembali menuju target ECB yaitu sedikit di bawah level 2%.

“Kami memperkirakan rendahnya data inflasi di bulan Maret akan terkoreksi naik di bulan April,” ucap Constancio. “Kami tidak melihat adanya prospek deflasi, bahwa rendahnya tingkat inflasi saat ini dapat memicu deflasi sesungguhnya. Kami tidak memperkirakan hal itu sama sekali.” Pada saat yang sama, Constancio mengatakan pemulihan masih rapuh terhadap dampak negatif dari luar zona euro, dan zona euro dapat merasakan lambatnya kenaikan harga untuk sementara waktu.

“Pemulihan sedang berjalan meskipun lambat dan ada resiko pelemehan, tidak hanya karena kemungkinan adanya kejutan dari resiko geopolitik,” ucapnya. “Eropa terutama zona euro dapat terjebak pada periode inflasi rendah yang berkepanjangan.”

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar