Kamis, 19 Januari 2017

breaking-news ECB pertahankan suku bunga acuan di 0.00% & suku bunga deposito di -0.40%

world-economy World Economy

ECB Desak Yunani Capai Kesepakatan Politik

Jumat, 13 Februari 2015 18:42 WIB
Dibaca 473

Monexnews - European Central Bank sedang mengirimkan pesan kepada pemimpin di zona euro: jangan membuat kami menarik pemicu pada bank-bank di Yunani. Pasca ECB menyetujui penambahan Emergency Liquidity Assistance pada bank-bank Yunani yang dilanda hutang sebanyak sekitar 5 milyar euro (5.7 milyar dollar) pada hari Kamis, petinggi ECB menekankan bahwa keberlanjutannya tergantung pada diskusi politik mengenai bailout Yunani. Negosiator dari Yunani dan pihak kreditur dari zona euro akan bertemu di Brussles hari ini.

ECB tidak ingin didorong menuju posisi yang menentukan masa depan sistem perbankan Yunani, dan keanggotaan Yunani di zona euro, tanpa perlindungan politik dari ibukota-ibukota di Eropa. Jika diskusi untuk "menjembatani" kesepakatan bailout untuk Yunani kembali gagal, Presiden ECB Mario Draghi akan harus mempertimbangkan pengaturan rasio dana lebih lanjut atau mengancam veto, seperti yang dilakukan pada Siprus 2 tahun lalu. "Mengakhiri ELA mungkin akan menjadi tipe opsi intervensi yang terakhir,” ucap Henrik Enderlein, profesor ekonomi politik pada Hertie School of Governance di Berlin. “ECB tidak akan benar-benar menggunakan itu, karena hal tersebut sama saja seperti mendorong Yunani keluar dari zona euro.”
ELA adalah bantuan yang diberikan oleh bank sentral negara dengan resikonya sendiri, dan di perpanjang terhadap kolateral kualitas yang lebih rendah dari yang akan diterima ECB sendiri. Bank-bank di Yunani saat ini memiliki akses pada sekitar 65 milyar euro dana tersebut, menurut petinggi ECB. Penambahan dari 60 milyar euro dilaporkan pada hari Kamis oleh suratkabar Jerman FAZ. Petinggi ECB menolak berkomentar, dan juga mengenai kebijakannya terhadap semua operasi ELA.

(xiang)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar