Rabu, 29 Maret 2017

world-economy  World Economy

ECB Hanya Miliki Sedikit Opsi Atasi Resiko Deflasi Berkepanjangan

Senin, 19 Januari 2015 15:28 WIB
Dibaca 548

Monexnews - Anggota dewan penasihat ECB, Ewald Nowotny menyatakan bahwa ECB hanya memiliki sedikit opsi untuk mengatasi periode deflasi berkepanjangan yang mengancam zona Euro.

Dalam waktu dekat, ECB akan menghadapi ujian krusial untuk mengeksekusi pernyataan sebelumnya, "akan melakukan segala cara" untuk menjaga kestabilan Euro ketika akan memutuskan program pembelian obligasi untuk mengatasi deflasi dan menopang pemulihan ekonomi. Ketika ditanya apakah amunisi bank sentral mulai kehabisan dan apa saja langkah yang masih bisa diambil ECB, Nowotny hanya membalas dengan "kemungkinannya cukup terbatas".

Inflasi di zona Euro dilaporkan masih jauh dibawah target jangka menengah ECB di bawah level 2 persen, setelah mendapatkan laju inflasi yang negatif di bulan Desember, ECB Nowotny memperkirakan inflasi di bulan January masih negatif, namun laju inflasi secara keseluruhan untuk 2015 diharapkan masih di teritori positif.

Deflasi berkepanjangan yang dialami Jepang, yakni selama 2 dekade mengalami pertumbuhan ekonomi yang rendah, inflasi rendah dan tingkat suku bunga rendah atau dapat juga disebut dengan istilah stagflasi akan sangat buruk jika hal yang sama dialami oleh zona Euro. Efek paling negatif akan tampak pada pasar tenaga kerja, dan juga berbahaya bagi situasi politik dan sosial zona Euro.

(Sap)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar