Selasa, 17 Oktober 2017

world-economy  World Economy

ECB Harus Berhati-Hati Dengan Rencana Pembelian Obligasi Pemerintah

Selasa, 4 November 2014 9:29 WIB
Dibaca 549

Monexnews - ECB harus berhati-hati dengan rencana pembelian obligasi pemerintah zona-euro, menurut laporan harian Nikkei yang mengutip hasil wawancara dengan anggota dewan moneter ECB Ewald Nowotny. ECB's Nowotny utarakan ECB tidak perlu mengikuti tekanan pasar yang berharap akan adanya suatu kebijakan fantastis setiap kali bank sentral melakukan pertemuan. Ketika ditanya apakah ECB harus mempertimbangkan kebijakan Quantitative Easing (QE) dengan cara melakukan pembelian obligasi atau melihat dahulu dampak kebijakan pendanaan murah TLTRO maka Nowotny utarakan ECB sebaiknya mencermati dampak dari kebijakan yang telah dijalankan.

ECB telah memangkas suku bunga ke rekor rendah, luncurkan kebijakan pendanaan murah TLTRO, dan bahkan membeli covered-bonds dan asset-backed securities demi menghindari zona-euro jatuh ke dalam jurang resesi dan deflasi. Namun, inflasi zona-euro yang tetap berada dekat level nol persen dan bertambahnya bukti akan perlambatan ekonomi telah meningkatkan ekspektasi bahwa ECB akan meluncurkan kebijakan QE.

Minggu lalu, ECB's Nowotny utarakan ECB sebaiknya tidak pernah mengatakan tidak terhadap QE namun dia juga tegaskan bahwa kebijakan tersebut belum perlu. Kebijakan QE masih cukup kontroversial di zona-euro, terutama di Jerman, dan ini terlihat dari kecemasan pimpinan bank sentral Jerman Jens Weidmann yang khawatir ECB akan membiayai kebutuhan pendanaan pemerintah zona-euro. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar