Jumat, 26 Mei 2017

world-economy  World Economy

ECB: Kami Tidak Ikut Campur Urusan Hutang Yunani

Senin, 26 Januari 2015 13:13 WIB
Dibaca 686

Monexnews - Anggota dewan kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) menegaskan bahwa nasib Yunani berada di tangan pemerintahannya sendiri. Otoritas moneter Uni Eropa tersebut tidak akan ikut campur dengan keputusan pemerintah Eropa soal wacana pemangkasan hutang negara.

Menurut anggota ECB, Benoit Coeure, bank sentral tidak ambil bagian dalam persoalan hutang Yunani. "Apakah Yunani membutuhkan keringanan dalam pembayaran hutangnya? Jawabannya bukan pada kami," ujar Coeure kepada media Jerman, Handelsblatt. Namun demikian, ia menyatakan tidak bisa membiarkan surat hutang Yunani yang dimiliki oleh ECB terkena 'diskon' juga. Memangkas jumlah hutang dalam bentuk surat obligasi di tangan investor merupakan pelanggaran hukum. "Kami tidak bisa setuju kalau obligasi yang kami miliki juga termasuk dalam aset hutang yang dipangkas," ujar Coeure.

Selain bicara tentang Yunani, Benoit Coeure juga memperingatkan negara anggota Euro untuk selalu memantau perkembangan upaya reformasi dan menyeimbangkan neraca keuangannya masing-masing. ECB tidak ingin kalau perekonomian Eropa terhenti, dengan dibarengi oleh kegagalan tata kelola anggaran dan berkurangnya pembukaan lapangan kerja.

Seperti diketahui, partai anti-penghematan anggaran, Syriza, memenangkan pemilu yang digelar akhir pekan lalu. Fakta ini membuat pelaku pasar khawatir dengan stabilitas ekonomi zona Euro dan nasib hutang piutang antara Yunani dan otoritas kawasan.

(dim)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar