Jumat, 28 Juli 2017

world-economy  World Economy

ECB Nowotny: Kebijakan Moneter Longgar Masih Diperlukan

Senin, 10 Juni 2013 16:15 WIB
Dibaca 520

Monexnews - Kebijakan moneter yang akomodatif saat ini dari bank sentral masihlah di butuhkan, kata salah seorang anggota dewan kebijakan Bank Sentral Eropa pada hari Senin.

Saat Ewald Nowotny mengatakan telah “cukup” stabilnya sistem keuangan, dia masih melihat adanya “tantangan besar untuk sektor perbankan, dan terutama itu di Eropa, kami masih melihat ekonomi rill sedang berjuang dan keuangan publik kewalahan.

“Inilah sebabnya mengapa kebijakan moneter yang akomodatif masih diperlukan,” ujar Nowotny.

Setiap tindakan bank sentral memilki efek samping yang harus diperhitungkan oleh bank sentral itu sendiri, tambahnya.

“Namun bank sentral juga harus memiliki pandangan yang jelas tentang apa prioritas dan potensi biaya makroekonomi yang bergerak menjauh dari sikap kebijakan moneter saat ini,” kata Nowotny.

Nowotny mengatakan bahwa kebijakan moneter penting untuk memiliki “ batasan nominal,” seperti target stabilitas harga ECB yang dibawah inflasi, namun dekat sampai 2%. Bagaimanapun, dia mengatakan bahwa tidak ada indikator ekonomi tunggal yang dapat memberikan petunjuk yang lengkap untuk kebijakan moneter.

Nowotny juga berbicara tentang peran baru yang diusulkan ECB sebagai pengawas pebankan. Dia mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa  ECB harus  bersiap sepenuhnya untuk peran barunya, karena itu memerlukan adanya tanggung jawab yang besar untuk peran tersebut.

Nowotny berbicara di konsfrensi ekonomi di Vienna.

 (fsyl)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar