Senin, 27 Maret 2017

world-economy  World Economy

ECB Perlu Waktu Untuk Kaji Efektivitas Kebijakan

Senin, 9 Juni 2014 13:35 WIB
Dibaca 492

Monexnews - ECB mungkin tidak akan tahu hingga akhir tahun apakah kebijakannya terakhir efektif, menurut Wakil Presiden ECB Vitor Constancio. Minggu lalu, ECB kembali menurunkan suku bunga, alokasikan dana murah untuk penyaluran kredit, dan tegaskan kesiapan untuk bertindak lebih demi mengatasi resiko deflasi. ECB's Constancio mengatakan bank sentral memerlukan waktu untuk mengkaji kebijakan yang telah dijalankan. Meski demikian, ECB's Constancio utarakan kebijakan pembelian aset tetap menjadi pilihan jika ekonomi zona-euro tidak menunjukan respon.

ECB minggu lalu tidak meluncurkan program QE (Quantitative Easing) namun isyaratkan tetap membuka kemungkinan kebijakan QE jika ekspektasi inflasi tetap rendah dan aktivitas perekonomian terancam. "Dengan tantangan yang ada sekarang maka tindakan yang diambil bank sentral cukup. Namun, jika ada gejolak negatif yang dapat memperburuk keadaan maka kami akan mengkaji semua kebijakan yang dapat ditempuh," tutur ECB's Constancio.

Komentar ECB's Constancio di akhir pekan tersebut dapat sinyalkan bahwa ECB mungkin tidak akan merubah kebijakan hingga akhir tahun. Namun ECB masih mungkin meluncurkan kebijakan QE sebagai amunisi terakhir jika situasinya memaksa. Euro tidak banyak berubah pada perdagangan Senin. EUR/USD kini diperdagangkan 1.3648; dekat level pembukaan harian 1.3644. (fr)

Lihat Disclaimer

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

FM Futures Magazine

futures-monthly-monexnews `

Kirim Komentar Anda

Komentar


Mohon ketik karakter yang terdapat pada gambar diatas.
Huruf tidak case-sensitive.
 

Komentar